"INFO LENGKAP PRODUK SUZUKI KUNJUNGI DEALER KAMI DI JL.SELEPARANG 47F CAKRANEGARA (DEPAN TAMAN MAYURA)TLP 0370-624625/622464 "

3.22.2009

Skutik Baru Suzuki, Hadir Awal April


Benar kan! Prediksi kami akhir tahun lalu mengenai skutik (Skuter matik) baru Suzuki yang bernama Skydrive akan hadir di Tanah Air. Kepastian itu didukung oleh hasil investigasi tim kasak-kusuk OTOMOTIF yang telah mendapatkan oretan gambar motor tersebut. Kabarnya sih mulai dipasarkan awal April mendatang. Seperti apa sosoknya?

Dynamatic
Seperti sempat diberitakan tahun lalu (baca: OTOMOTIF 34/XVIII), skutik yang di Thailand bernama Skydrive itu sebenarnya pernah ditampilkan di Jakarta Motorcycle Show (JMS) 2008 beberapa bulan lalu. Boleh dibilang, saat itu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM motor Suzuki sengaja menampilkan sneak previewnya.

Prediksi OTOMOTIF akhirnya benar, Suzuki SD-01 dan SD-02 yang dipajang di JMS tahun lalu itulah yang bakal masuk. Lihat saja sketsa di atas! Sama kan. Tapi, berdasar informasi yang ada di meja redaksi, nama Skydrive kemungkinan tidak dipakai.

Kabarnya berubah menjadi Dynamatic. Kalau bisa disimpulkan kayaknya berarti dinamis dan otomatik. Mungkin yang dimaksudkan adalah Skutik yang berdesain dinamis.

Kalau benar berbasis Skydrive, itu artinya masih dibekali mesin 125 cc yang sama dengan Spin dan Skywave. Tapi kalau Skydrive di Thailand sudah menggunakan sistem suplai bahan bakar injeksi, sedangkan Skydrive versi Indonesia dihilangkan. Alias, pakai karburator.

Lantas, bagaimana nasib Spin dan Skywave? Nah, itu yang masih menjadi pertanyaan besar. Karena jika memang benar skutik ini diluncurkan tak mustahil akan memakan dua kakaknya itu. Namun begitu, rasanya tak mungkin pihak SIS menghilangkan kedua produk skutik yang sudah duluan datang. Tampaknya, Skydrive ini akan di posisikan untuk penyuka skutik yang ingin tampil sporti.

Lihat saja desainnya, garis-garis makin tegas dan aerodinamis. Lebih tepatnya, dia disuguhkan bagi mereka yang ingin gaya dan tampil beda tapi butuh performa mesin di atas skutik lainnya. Sedangkan Spin buat pengguna skutik pemula. Sementara Skywave lebih ke orang yang mapan, butuh skutik berdesain gagah, stylish dan modern. Terus, apa bedanya Skydrive dan Skywave? Target Skydrive adalah orang seperti penyuka Skywave tapi dia lebih suka tantangan dan lebih berani.

Makanya dari positioning Dynamatic atau Skydrive berada satu step di atas Skywave. Tapi menurut sumber OTOMOTIF lain, harga yang ditawarkan malah ada di bawah Skywave. Wah, oke tuh?

Kalau memang benar demikian, artinya perkiraan banderol Dynamatic berada di Rp 13-14 juta. Pasalnya harga termahal untuk Spin Rp 12,8 juta sedangkan harga termurah Skywave berada di Rp 14 juta.

Wuih, makin ketat persaingan skutik Tanah Air.

0 comments:

Posting Komentar